Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rekomendasi Nama Anak Pakai Kata Bahasa Indonesia, Puitis, Unik, Estetik dan Bermakna Indah

Nama anak menggunakan kata dalam bahasa Indonesia bisa tetap tampak unik jika pemilihan katanya tepat, gak kalah dari nama bahasa asing / pexels 

KUPUKU.COM - Saat menamai anak biasanya banyak orang cenderung menggunakan bahasa asing agar tampak keren dan berbeda. Namun bahasa Indonesia juga termasuk bahasa yang indah, ada kata-kata yang mungkin banyak orang belum tahu tapi memiliki makna yang mendalam, dan tetap terdengar keren jika diucapkan. 

Sebagai contoh anak dari penyanyi dan penulis Fiersa Besari yang menggunakan bahasa Indonesia yaitu "Kinasih Menyusuri bumi" Tampak estetik dan unik tanpa meninggalkan identitas dan makna di dalamnya.

Contoh lain adalah nama dari youtuber "Gaung sabda alam" yang tampak keren. Sastra Indonesia sangat menarik jika digunakan sebagai nama di tengah gempuran nama-nama asing dengan pelafalan sulit.

Nama dengan bahasa Indonesia akan membuat nuansa berbeda namun tidak akan kalah bagus. Berikut 5 rekomendasi yang akan kita berikan untuk para orang tua yang akan menamai buah hati nya beserta makna yang terkandung di dalamnya.


1. Guntur Kala Senja

ilustrasi Guntur Kala Senja / pexels 

Nama ini bisa menggambarkan momentum melahirkan jika memang bayi lahir saat petir di sore hari yang hujan. Selain itu, perpaduan nama ini pun cukup indah dan memiliki arti yang bagus. 

Guntur atau guruh bukan berarti buruk, meski suaranya mengagetkan namun Guntur juga bisa bermakna pekerjaan yang sempurna. 

Kala menunjukan waktu, ketika atau saat, dan senja adalah sore hari ketika matahari akan tenggelam. Jika digabungkan Guntur kala senja bisa diartikan dengan kewibawaan dan kegagahan seorang laki laki. 


2. Biru Segara

Ilustrasi Biru Segara / pexels 

Nama untuk anak laki-laki ini menggabungkan unsur air. Segara menurut KBBI berarti lautan, dan biru adalah warna yang identik dengan ketenangan juga sering dikaitkan dengan warna air yang jernih. 

Biru Segara jika digabung memiliki arti lautan yang luas bermakna hati yang lapang dan manusia yang bijak sekaligus tenang. 


3. Binar Bentala

Ilustrasi Binar Bentala / pexels 

Binar berarti sinar dan Bentala adalah bumi. Sinar yang ada di bumi, jika biasanya matahari di angkasa sana yang memancarkan sinar, Bumi juga kini memiliki sinar yang berasal dari jiwa calon anak kita yang akan lahir nanti. 

Binar Bentala memiliki makna tentang kemanfaatan bagi semua orang sekaligus sosok yang membumi dan rendah hati. 


4. Jumantara Jingga

Ilustrasi Jumantara Jingga / pexels 

Nama tersebut sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia, mungkin banyak orang Indonesia tidak menggunakan kata Jumantara dalam keseharian.

Namun dalam KBBI jumantara berarti langit dan jingga termasuk jenis warna kuning kemerah-merahan dan penyebutan lain dari Oranye.

Jumantara jingga berarti langit yang kuning kemerahan, langit saat kondisi seperti ini terjadi ketika matahari terbit atau tenggelam. Keindahannya dicari oleh banyak orang, banyak mata yang ingin melihatnya, bisa dimaknai dengan kecantikan tak terbatas. ***