Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Ini Pertanda Janin Meninggal Dalam Kandungan

Janin meninggal dalam kandungan akan menimbulkan beberapa pertanda, sebaiknya segera menyadarinya agar tak membahayakan sang ibu.
Janin meninggal dalam kandungan akan menimbulkan beberapa pertanda, sebaiknya segera menyadarinya agar tak membahayakan sang ibu / Pexels 

KUPUKU.COM - Janin yang meninggal di dalam kandungan memiliki istilah medis intrauterine Fetal Death (IUFD). Sebelum janin meninggal di dalam kandungan biasanya terjadi yang namanya gawat janin. 

Gawat janin adalah kondisi ketika janin mengalami  Fetal distress yakni ketika detak jantung janin melemah atau bahkan meningkat. 

Sangat perlu untuk diketahui Bagaimana tanda-tandanya agar calon ibu bisa segera pergi ke rumah sakit, karena jika kondisi ini terjadi dan tidak disadari dapat membahayakan nyawa sang ibu.

Begitupula Janin juga harus segera dikeluarkan karena sudah meninggal di dalam kandungan, Berikut beberapa pertandanya. 


1. Tidak Merasakan Pergerakan Janin

Jika janin sudah meninggal di dalam kandungan Ibu tidak akan merasakan lagi pergerakan janin. Biasanya dalam waktu 12 jam janin bergerak sekitar 10 kali. 

Jika sudah tidak merasakan pergerakan sama sekali selama 12 jam wajib untuk diwaspadai. Sebaiknya jika kondisi ini terjadi silahkan segera melakukan pemeriksaan kandungan untuk memastikan jantung janin masih berdetak atau tidak. 


2. Merasakan kram atau nyeri perut

Kondisi ini biasa disebut kontraksi rahim. Kontraksi rahim normalnya dirasakan ketika sudah akan melahirkan, namun ada perbedaan antara kontraksi karena akan melahirkan dengan kontraksi karena janin meninggal didalam kandungan.

Perbedaannya adalah kontraksi karena akan melahirkan rasa nyerinya memiliki peningkatan-peningkatan. pertama biasanya mengalami yang namanya kontraksi palsu kemudian meningkat dan menetap menjadi kontraksi asli. 

Maksud dari Kontraksi asli Disini yaitu dari pembukaan 1 sampai pembukaan lengkap nyerinya semakin bertambah dari nyeri yang ringan hingga kuat. Namun kontraksi janin yang sudah meninggal  nyerinya tidak ada peningkatan jadi langsung di tahap seperti sudah pembukaan lengkap.

Jika ibu  langsung merasakan nyeri yang amat dahsyat dan sangat hebat maka segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi pastinya.


3. Mengeluarkan Lendir Darah

Lendir darah ini juga biasa dialami pada saat tanda gejala persalinan. Jadi ketika calon ibu mengeluarkan lendir darah kemudian merasakan kontraksi yang amat dahsyat dan tidak merasakan pergerakan janin selama 12 jam dari ketiga tanda ini harus sangat dicurigai. Karena kemungkinan terjadi sesuatu terhadap janin. ***