Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Ajak Main Bayi, Mengandung Pembelajaran Namun Tetap Seru

Bayi meski baru lahir tetap bisa kita ajak main dengan cara seru namun tetap mengandung pembelajaran, berikut ini beberapa tipsnya.
Bayi meski baru lahir tetap bisa kita ajak main dengan cara seru namun tetap mengandung pembelajaran, berikut ini beberapa tipsnya / pexels 

KUPUKU.COM - Sebagai ibu yang baru melahirkan kita akan selalu bersama dengan bayi, daripada menghabiskan waktu dengan cara yang biasa saja lebih baik ajak main bayi kita sekaligus membantu perkembangannya. 

Ternyata bayi yang baru lahir juga sudah bisa diajak main loh, ini beberapa tips bermain yang bisa dilakukan bunda dengan bayinya, agar lebih seru tapi tetap mengandung manfaat. 


1. Bermain dengan jari bayi

Ilustrasi bermain dengan jari bayi
Ilustrasi bermain dengan jari bayi / pexels 

biasanya bayi suka memasukkan jari ke dalam mulut nya, jari memang hal yang cukup menjadi perhatian para bayi. Jadi ajak bayi bermain dengan jarinya buat pola pola seperti huruf V, membuat gerakan jari mekar dan kuncup atau membuat bentuk kelinci. 


2. Membaca buku

Ilustrasi membaca buku dengan bayi
Ilustrasi membaca buku dengan bayi / pexels 

Selain ibu mendapatkan manfaat dari membaca buku, bayi pun bisa ikut diajak dalam kegiatan itu. Misalnya bacakan buku di dekat bayi, bolehi jenis buku apapun yang pasti memiliki makna positif.

Bayi memang belum mengerti maksud dari yang ibu ucapkan namun dengan mendengar bacaan itu bayi dapat melatih perkembangan ototnya melalui pendengaran juga melatih dia memproses kata sehingga secara otomatis menambah pelan pelan kosakata di dalam otaknya. 


3. Menggunakan wajah 

Hal sederhana namun tetap seru, cara bermainnya ialah menaruh bayi diatas dada lalu ibu dapat bernyanyi atau bercerita. 

Bayi akan otomatis mendongak melihat wajah ibu karena tertarik dengan cerita atau nyanyiannya, hal ini dapat melatih bayi untuk mengangkat kepalanya. 


4. Permainan Mata

Bayi baru lahir tidak langsung dapat melihat dengan jelas, untuk dapat melihat dengan jelas biasanya diperlukan waktu sekitar sebulan. 

Dalam hal ini bermain dengan mata dapat membantu bayi untuk memfokuskan penglihatan, caranya yaitu pilih satu barang lalu pegang didepan mata bayi dengan jarak sekitar 20-30 Cm arahkan kekiri dan kekanan barang tersebut sampai mata bayi mengikuti gerakanya. ***