Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Menghindari Pertikaian Karena Istri Emosional Saat Hamil

Hamil membuat istri lebih sensitif, untuk menghindari pertikaian yang buruk suami bisa lakukan beberapa hal di bawah ini.
Hamil membuat istri lebih sensitif, untuk menghindari pertikaian yang buruk suami bisa lakukan beberapa hal di bawah ini / pexels 

KUPUKU.COM - Kondisi hamil memang mempengaruhi hormon pada wanita, seperti halnya saat dalam kondisi haid. Emosional seperti tiba-tiba marah, kesal, atau bahkan sedih cukup membuat ayah resah dan bingung harus berbuat apa. 

Tenang, banyak hal yang bisa ayah lakukan untuk membuat mood bunda kembali stabil dan tidak sampai terjadi pertikaian antara kalian berdua, contohlah beberapa tips di bawah yang akan membantu ayah mendamaikan situasi. 


1. Berikan Hadiah

kado akan sangat membahagiakan istri
kado akan sangat membahagiakan istri/ Pexels 
Kado adalah solusi pertama saat bunda sudah terlihat muram, hadiah tidak perlu mewah tapi lebih baik jika memberikan sesuatu yang merupakan kesukaannya. Jadi ayah harus mengenal bunda dengan baik agar tau apa yang disuka atau tidak.

Jika ayah jarang memberikan sesuatu, mungkin ini akan tampak mengejutkan namun justru akan membuat pasangan senang karena tidak menyangka. Contoh hadiah yang bisa ayah kasih adalah coklat, makanan kesukaan, Album dari idol kesukaan atau bahkan tas yang sudah diincar sejak lama. 


2. Ajak makan diluar

Makanan memang akan selalu punya tempat sendiri di hati, terlebih saat hamil bunda butuh banyak nutrisi. Ajak makan di restoran enak yang merupakan kesukaannya. 

Namun jangan lupa pastikan kebersihan dan pantanganya yaitu jangan berikan makanan mentah ataupun makanan yang dibakar karena tidak baik untuk wanita hamil. 


3. Jangan Membantah

jika bunda sudah mulai marah-marah sebaiknya jangan di diamkan apalagi memprovokasi nya, perbanyaklah sabar karena hamil memang bukan hal yang mudah.

Mengalah bukan berarti kalah namun ciri ciri dari bersikap bijak, itu salah satu tugas calon ayah untuk bersikap bijak. Daripada membantah dan malah membuat api makin besar lebih baik bersikaplah lembut jangan gunakan mode bertarung dan berdebat. Pahami posisinya dan minta maaflah jika perlu. 


4. Pastikan memiliki waktu bersama

Ilustrasi momen bersama suami
Ilustrasi momen bersama suami istri / Pexels 

Terkadang kesibukan membuat ayah hanya memiliki waktu yang singkat. Namun, sebisa mungkin berikanlah waktu yang singkat itu untuk membersamai pasangan seperti janji pernikahan yang sudah kalian ucapkan berdua.

Jadikan pasangan prioritas terlebih lagi ada darah daging yang sedang dikandung, memberikan waktu juga merupakan tanggungjawab sebagai seorang suami dan calon ayah.  ***